5 Angle Dalam Fotografi Untuk Mendapatkan Foto Yang Aesthetic

Pada dasarnya, fotografi merupakan sebuah proses ataupun seni yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah dan juga cahaya yang ada di dalam sebuah film.

Tak hanya pencahayaan saja, terdapat beberapa aspek lainnya yang tak kalah penting untuk kalian perhatikan dalam memotret sebuah gambar dengan hasil yang bagus.

Adapun salah satu aspek tersebut adalah angle atau sudut yang diperhatikan dalam proses pengambilan gambar. Penggunaan angle foto yang sesuai bisa membantu Anda dalam menghasilkan fotografi like a pro.

Pengertian Angle dalam Fotografi

Pada umumnya, sebuah angle foto sering diartikan sebagai sudut pengambilan gambar yang perlu kalian tentukan sebelum membidik objek.

Pemilihan angle ini sepenuhnya bergantung pada sudut pandang atau preferensi Anda sebagai fotografer.

Nah, buat kalian yang masih cenderung pemula dalam dunia fotografi, berikut ini ada teknik pengambilan angle gambar yang sering digunakan seorang fotografer, penasaran apa saja? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Jenis Angle Foto yang Sering Digunakan

1. Eye View

5 Angle Dalam Fotografi Untuk Mendapatkan Foto Yang Aesthetic

Angle yang pertama yang sering digunakan adalah Eye View, dimana proses pengambilan gambar ini diambil dengan mensejajarkan objek atau angle normal saja.

Dalam penggunaan teknik ini, kalian hanya perlu meletakkan kamera dan lensa sejajar dengan objek yang akan didokumentasikan.

Biasanya, sudut pandang yang digunakan dalam eye view ini bertujuan untuk foto manusia, termasuk foto yang dibuat untuk CV atau personal branding di LinkedIn dang kegiatan sedang berolahraga juga bisa.

Namun, tak hanya objek manusia saja, eye view bahkan cocok untuk segala jenis objek. Contohnya, pengambilan foto terkait tempat ikonik di suatu kota hingga foto terkait lingkungan juga lebih banyak menggunakan sudut pengambilan gambar yang satu ini.

2. Low Angle

5 Angle Dalam Fotografi Untuk Mendapatkan Foto Yang Aesthetic

Angle berikutnya yang sering digunakan dalam dunia fotografi adalah Low Angle, dimana proses pengambilannya dari sudut yang lebih rendah dari objeknya.

Penggunaan angle ini akan memuat objek foto terkesan lebih megah, mewah, dan tampak kuat. Ibaratnya, benda jadi tampak besar dan semakin terlihat mengintimidasi.

Low angle biasanya akan digunakan oleh seorang fotografer untuk mengambil foto sebuah gedung bertingkat dan pepohonan di hutan lebat.

Namun, sebenarnya kalian juga bisa memilih sudut pengambilan gambar yang lebih rendah dari objeknya ini untuk menonjolkan kekuatan benda berukuran sedang dan kecil.

Kalian juga bisa menerapkan teknik low angle untuk mengambil foto kendaraan, rumah, manusia, hewan peliharaan, hingga jenis skin care tertentu.

Saat kalian menggunakan tehnik ini, kalian tidak perlu merasa takut untuk melakukan reksperimen dan badan kotor karena ada begitul banyak fotografer profesional yang rela berbaring di tanah becek untuk mendapat foto terbaik saat memotret bebek. Kalian juga bisa meletakkan kamera di tanah atau aspal dan memantau frame melalui layar LCD.

3. High Angle

5 Angle Dalam Fotografi Untuk Mendapatkan Foto Yang Aesthetic

Tehnik pengambilan gambar berikutnya yang adapat kalian lakukan adalah high angle. Sesuai dengan namanya, high angle merupakan sebuah proses pengambilan gambar yang dilakukan lebih tinggi dibanding objeknya.

High angle ini  biasanya akan membuat objek lebih fokus dan juga terpusat, tidak melebar, dan sederhana dibandingkan bird eye view.

Jika kalian suka untuk menggunakan tehnik yang satu ini, maka kalian dapat juga menerapkan sudut pandang ini untuk foto portrait, landscape, food photography, hingga street photography, atau apapun itu yang sesuai dengan keinginan kalian.

Tak hanya itu, high angle cocok untuk memotret buku, dan obyek lain yang bersifat datar. Ya, high angle bisa digunakan untuk membuat foto flatlay.

4. Bird Eye Angle

5 Angle Dalam Fotografi Untuk Mendapatkan Foto Yang Aesthetic

Teknik pengambilan gambar yang berikutnya adalah sering dikenal dengan istilah Bird Eye Angle dan biasanya digunakan oleh seorang fotografer untuk mengabadikan sebuah pemandangan atau landscape.

Dengan teknik pengambilan gambar ini, kalian dapat menampilkan gambar yang lebih luas, seperti mata burung. Angle ini cocok untuk menggambarkan suatu keadaan secara ringkas, seperti kemacetan di jalan pulang, kumpulan gedung tinggi, dan sebagainya.

Namun, dalam proses pengambilan gambar, Bird Eye Angle cenderung melibatkan kamera yang diposisikan di bangunan tinggi. Bisa juga mengandalkan benda melayang, seperti drone, helikopter, atau balon terbang.

5. Frog View Angle

5 Angle Dalam Fotografi Untuk Mendapatkan Foto Yang Aesthetic

Teknik pengambilan gambar yang berikutnya adalah sering dikenal dengan Frog View Angle, yang merupakan sebuah sudut pengambilan gambar yang jauh lebih rendah dari objek.

Contoh pemanfaat teknik yang satu ini adalah ketika kalian sedang mengambil gambar sekumpulan jamur, frog view angle akan membuatnya terlihat besar.

Layar LCD kamera yang fleksibel memegang peranan penting saat menggunakan angle ini. Selain itu, pemotretannya dilakukan pada siang hari karena membutuhkan cahaya alami tanpa flash.

Komentar

Postingan Populer