Teknik Simpel Memotret Pemandangan Agar Lebih Estetik

Teknik Simpel Memotret Pemandangan Agar Lebih Estetik

Pada masa liburan ini, apakah teman-teman berniat menghabiskan waktu untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang menyajikan pemandangan alam?

Jika ya, maka akan terasa kurang lengkap bila kamu tidak mengabadikan pemandangan menjadi sebuah foto. Foto ini juga dapat dijadikan sebagai kenang-kenangan loh.

Selain itu, terbiasa memotret pemandangan secara rutin bisa membuat kamu lebih semakin ahli dan terlatih untuk menghasilkan gambar objek foto yang lebih baik dan menarik.

Namun kamu juga harus mengetahui teknik simpel memotret pemandangan berikut ini agar lebih estetik. Simak pembahasannya dibawah ini ya!    

1. Usahakan Lensa Dalam Keadaan Bersih

Sebagai langkah pertama, kamu harus memastikan lensa kamera dalam keadaan bersih. Karena jika lensa kamera yang tidak bersih bisa membuat kualitas hasil foto menjadi menurun.

Selain itu, lensa yang bersih akan membuat cahaya masuk dengan bebas dan bisa menciptakan gambar pemandangan yang lebih tajam dan jelas.

Jangan lupa pula untuk membersihkannya menggunakan kain yang halus dan gerakan yang lembut ya. Tujuannya agar lensa tidak tergores atau rusak.

2. Mematikan Lampu Flash

Sangat disarankan untuk tidak menggunakan lampu flash pada saat memotret pemandangan. Karena hal ini dapat mempengaruhi warna gambar yakni menjadi lebih buram atau kabur.

Akan tetapi jika kamu melakukan pemotretan pada saat gelap, akan lebih baik jika memanfaatkan cahaya dari sumber lain.

Seperti penerangan atau lampu tambahan dari arah berbeda atau bisa juga dengan memanfaatkan cahaya bulan yang ada.

3. Mengatur Fokus atau Gelap dan Terang Gambar

Langkah selanjutnya yang dapat membuat gambar lebih estetik adalah dengan mengatur titik fokus atau gelap dan terang dari gambar.

Kita bisa memanfaatkan fitur fokus dengan menekan kotak yang biasanya ada di bagian tengah gambar sebelum memotret.

Tetapi jika ponsel kamu memiliki fitur pengaturan exposure atau gelap terang sebuah gambar, maka hal ini akan jauh lebih mudah untuk dilakukan.

Untuk mengatur gelap-terang foto, bisanya kamu dapat menakarnya dengan cara mengarahkan tanda tambah (+) atau kurang (-)

4. The Rule of Thirds

Rule of thirds merupakan salah satu pelajaran mendasar dalam fotografi, teknik ini berupa pengaturan komposisi dari sebuah foto.

Teknik pengaturan ini dapat membuat kamu bisa membagi bingkai foto menjadi tiga bagian. Garis inilah yang akan membantu kamu memposisikan bagian yang penting dalam objek fotomu.

5. Hindari Menggunakan Fitur Zoom

Jika objek pemandangan yang ingin teman-teman potret berada di jarak yang tidak terlalu jauh, alangkah lebih baiknya untuk tidak menggunakan fitur zoom.

Memperbesar gambar bisa berdampak pada menurunnya kualitas gambar dan membuat gambar menjadi kabur. Maka jika kalau memungkinkan, lebih baik teman-teman mendekat ke objek yang akan diambil.

6. Perhatikan Sudut Pandang

Jika teman-teman kesulitan memotret tanpa menggunakan fitur zoom, mungkin teman-teman bisa memperhatikan sudut pandang.

Cobalah mencari sudut pandang yang berbeda-beda supaya kamu bisa mendapatkan hasil foto pemandangan yang terbaik.

7. Gunakan Air Sebagai Refleksi

Jika anda mengambil gambar pada sebuah lokasi yang mengandung elemen air, seperti sungai ataupun laut, maka carilah angle/sudut di mana anda bisa menggunakannya sebagai cermin.

Refleksi dari air dapat menambah keindahan pemandangan anda. Teknik ini juga membantu anda mendapatkan sebuah foto yang estetik, dan enak untuk dilihat.

Jadi teknik mana nih yang sudah pernah kamu coba? Lantas apakah hasilnya sudah dapat memuaskan kamu? Jika belum, teruslah berlatih ya teman!

Komentar

Postingan Populer