Tips Menghasilkan Gambar Makanan yang Menarik

 

Fotografi makanan belakangan banyak diminati bagi para pengusaha kuliner online. sebelum menyantap makanan, masyarakat biasanya memiliki kebiasaan untuk memfoto makanan terlebih dahulu.

Tak sedikit orang yang bisa menghasilkan foto yang estetik dan menarik untuk sebarkan di media sosial. Selain itu, fotografi makanan sendiri sudah dilakukan oleh berbagai UMKM untuk membuat produk yang mereka jajakan lebih menarik.

Meskipun begitu, terkadang foto yang dihasilkan kurang menarik dipandang mata. Menurut seorang fotografer makanan, ada beberapa tips untuk membuat foto makanan menjadi lebih menarik dan memotret seputar fakta negara India. Yuk, langsung simak ulasannya di bawah ini.

1. Ciptakan Konsep Tambahan dalam Foto

Untuk membuat foto makanan yang dihasilkan terlihat estetik, ada beberapa properti tambahan. Namun, properti yang digunakan jangan berlebihan sehingga bisa menutupi gambar makanan yang seharusnya terlihat jelas.

2. Buat Makanan dalam Porsi Kecil

Tips menghasilkan gambar makanan yang menarik berikutnya adalah mempersiapkan makanan dalam porsi yang lebih kecil. Langkah ini bertujuan supaya orang akan lebih fokus pada makanan yang tersaji di atas piring atau wadah lainnya. Hasil foto juga cenderung menarik jika menggunakan porsi makanan kecil.

3. Ciptakan Konsep Sederhana

Saat Anda mengambil gambar produk makanan, tentunya perlengkapan lain dibutuhkan, seperti tambahan beberapa peralatan dapur atau aksesoris pendukung di dekat makanan. Namun, perlu diingat bahwa property tambahan ini sangat sampai mengganggu produk makanan utama.

Usahakan untuk menggunakan peralatan seperti garpu, sendok, alat masak, piring dengan corak yang minimalis.

4. Objek Statis

Hal yang penting diperharikan adalah objek produk makanan yang difoto harus dalam keadaan statis atau diam. Hal ini berguna supaya lensa kamera mudah mendapatkan titik fokus. Gambar yang diambil juga tambak jernih, tidak blur atau buram.

5. Gunakan Teknik KKB

Ada beberapa teknik yang sering dipakai dalam food photography, yaitu kanan-kiri-belakang atau KKB. Ambil gambar makanan pada posisi sebagai berikut:

3 cm dari arah kanan

9 cm dari arah kiri

12 cm dari arah belakang

Banyak orang yang sudah mempraktikkan cara ini, dan benar saja hasil gambarnya bagus. dengan memperhatikan arah datangnya sinar serta tingkat ketajaman yang didapatkan semua angle. Usahakan tidak memfoto makanan dari arah depan. Karena, angel ini akan kurang menarik

6. Beri Space

Satu hal yang kurang diperhatikan bagi para pemula dalam mengmabil gambar makanan adalah memberikan jarak atau space. Ketika hendak mengambil gambar, perhatikan baik-baik framenya, berikan jarak yang cukup antara makanan dengan pada bagian atas-bawah dan kanan-kiri frame.

7. Editing

Setelah berhasil mengambil gambar, proses lainnya yang tak kalah penting adalah waktunya editing. Crop pada bagian yang kurang penting. Pastikan bahwa makanan menjadi highlight utama. Jangan khawatir apabila harus meng-crop piring, yang terpenting adalah fokus pada gambar makanann saja.

Selanjutnya, edit kecerahan, kontras, white balance dan sebagainya. jika warnanya kurang tajam. Intinya, buat produk tersebut telihat menarik.

Setelah Anda mengikuti tips mengambil gambar makanan yang kami jelaskan di atas, di jamin hasil foto makanan Anda akan terlihat lebih menarik, apalagi tips ini cocok sekali untuk Anda para UMKM penjual makanan online.

Komentar

Postingan Populer